Menanamkan Rasa Kepedulian Sosial pada Anak dengan Goodie Bag

Menanamkan Rasa Kepedulian Sosial pada Anak dengan Goodie Bag

Menanamkan rasa kepedulian sosial pada anak merupakan sebuah kewajiban orang tua kepada putra putrinya. Menjadi kebahagiaan tersendiri ketika orang tua berhasil mendidik putra putrinya menjadi pribadi yang berperilaku baik dan terpuji. Pernahkah kita sebagai orang tua menjumpai perilaku yang kurang baik pada diri anak-anak kita? Misalkan anak kita suka merebut mainan temannya, tidak mau berbagi makanan dengan teman, merasa mau menang sendiri atau perilaku buruk lainnya. Kasus-kasus tersebut sangat mungkin terjadi pada masa anak-anak. apalagi saat ini kita berada pada era individualis yang banyak bermimpi akan hal-hal yang berbau instan. Mengharapkan sesuatu yang sempurna tanpa harus bersusah payah menjalani setiap tahapan proses  yang harus dijalaninya. Hanya mau merasakan hasil akhirnya saja tanpa mau menjalani sebuah proses yang lama bahkan perlu sebuah pengorbanan yang besar. Hal ini menjadi sebuah keprihatinan kita bersama.

Goodie bag model serut dengan aplikasi gambar masjid

Goodie bag model serut dengan aplikasi gambar masjid

Salah satu faktor penyebabnya adalah peran keluarga terutama orang tua dalam mendidik putra putrinya. Bukankahsetiap perilaku anak merupakan cerminan perilaku dari orang tuanya itu sendiri? Menjadi sebuah tuntutan yang wajar ketika orang tua mengharapkan putra putrinya mampu bersosialisasi dengan baik serta memiliki kepedulian sosial yang tinggi dalam masyarakat. Maka orang tua harus mulai menanamkan nilai-nilai positif pada anak sejak usia dini. Karena hai ini akan menentukan sifat anak pada usia dewasa nanti. Apakah anak akan menjadi pribadi dengan kepedulian sosial yang tinggi ataukah akan menjadi pribadi dengan rasa acuh terhadap lingkungan sosial sekitarnyanya. Kenapa rasa kepedulian sosial harus ditanamkan pada anak usia dini? Kita ketahui bersama bahwa anak-anak pada usia dini memiliki kecerdasan dan daya tangkap yang begitu cepat serta ingatan yang kuat. Saat itu adalah saat yang tepat untuk menanamkan nilai-nilai positif dalam kehidupan anak.

Sebagai langkah awal adalah dengan memberikan pemahaman yang benar sehingga anak bisa membedakan antara perilaku yang baik dengan perilaku yang buruk. Menanamkan sikap suka menolong terhadap sesama, menumbuhkan sikap saling berbagi dengan teman, tidak egois dalam bermain, berlatih mengantri dengan tertib, mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi dan masih banyak contoh sikap perilaku yang baik lainnya.

Setelah menanamkan pemahaman yang benar kemudian menginjak proses selanjutnya yang wajib orang tua kerjakan yaitu memberikan contoh atau keteladanan kepada anak kita. Karena sejatinya perilaku meniru adalah salah satu naluri dasar setiap manusia apalagi pada masa usia anak-anak. Jangan mengharapkan anak kita kelak menjadi orang yang dermawan dan suka menolong sesama kalau dimasa anak-anak orang tua tidak memberi contoh bagaimana berperilaku yang dermawan dan suka membantu sesama. Seperti peribahasa bertepuk sebelah tangan.

Strategi selanjutnya adalah dengan memberikan pujian dan penghargaan pada saat anak berperilaku baik selama berinteraksi dengan lingkungannya. Wah…pintar anak ayah, baguss…!!, anak bunda yang paling cantik… itu sekedar contoh beberapa pujian kepada anak. Dengan memberikan sebuah hadiah juga bisa membuat anak lebih bersemangat untuk selalu berbuat baik. Sebaliknya berikanlah hukuman dan pengarahan pada saat anak berperilaku tidak baik selama berinteraksi dengan lingkungannya. Tentunya hukuman yang dilandasi atas rasa kasih sayang bukan hukuman yang dilandasi karena rasa emosi sesaat. Hindari hukuman yang bersifat fisik seperti memukul, menendang atau yang semisalnya karena akan berdampak buruk terhadap jiwa anak. Kemudian berilah pengarahan dengan lemah lembut kalau perilaku tersebut termasuk perilaku yang tidak baik. Kemungkinan besar anak akan menerima nasehat kita dengan lapang dada dan senang.

Kemudian usaha terakhir adalah selalu mendoakan kebaikan buat anak-anak kita setiap saat karena segala proses yang telah kita usahakan tidak ada artinya tanpa ijin dari Alloh.

Salah satu bentuk nyata untuk menanamkan rasa kepedulian sosial pada anak kita adalah dengan berbagi kepada sesama. Sebuah souvenir goodie bag ulang tahun merupakan pilihan yang tepat untuk menumbuhkan rasa kepedulian sosial diantara anak-anak kita.  Silahkan hubungi kami kapan saja untuk mendapatkan produk goodie bag ulang tahun dari  kreasikadonama.

 

Layanan pelanggan kami di :

Call/SMS/WhatsApp

0856 4333 5678

Kata terkait : goodie bag ulang tahun, souvenir ulang tahun anak, goodie bag anak, goodie bag ultah unik, jual goodie bag ultah

Leave a Reply